Sabtu, 30 Juni 2007

MANDIRI SALAH KAPRAH


Jadi mandiri memang harus dan kudu. Hukumnya wajib. ‘Coz, kita nggak selamanya bisa hidup dengan terus bergantung sama orang lain. Menyenangkan memang kalau kita bisa jadi anak muda yang mandiri. Tapi ternyata ada juga, lho, yang mengaplikasikan kemandirian itu sampai salah kaprah. Ternyata banyak juga anak muda yang ngakunya mandiri, tapi ternyata jadi orang yang nggak karu-karuan. Jadi nggak butuh orang lain lagi, nggak perduli orang lain, mentingin diri sendiri, bahkan yang lebih parah ada yang sampai ngerasa nggak butuh Tuhan. Wah… bahaya, nih! Nah, biar kamu-kamu nggak jadi kayak mereka, let’s take a look tips berikut ini.
1.                          Terlalu mandiri, jadi nggak butuh orang lain. Banyak teenager yang ngerasa bisa semua-semuanya sendiri, terus jadi ngerasa nggak butuh bantuan orang lain lagi, ngerasa nggak perlu masukan ataupun teguran dari orang lain, karena dia ngerasa bisa ngelakuin segala sesuatunya sendiri. Bahkan banyak yang juga udah ngerasa nggak butuh lagi Tuhan, karena ngerasa dia sendiri bisa, kenapa juga Tuhan mesti nolongin dia.
Yang kayak gini nih yang bahaya. Kita jadi sosok yang mandiri, tapi mandiri yang nggak bener. Bayangin aja, kalo kita jalan, ngerasa diri bener en bisa sendiri, nggak mau denger masukan dari orang lain, akhirnya kita jadi salah jalan, hancur sendiri. Rugi, kan? Mandiri emang oke, bahkan harus. But, kita nggak boleh lupa bahwa gimana pun juga kita tetap butuh masukan juga nasehat dari Tuhan, ortu, temen-temen, supaya kita nggak salah arah.
2.                          Terlalu mandiri, jadi orang yang egois. Yap! Banyak anak muda yang terlalu mandiri, akhirnya jadi egois. Sudah ngerasa nggak butuh orang lain lagi, akhirnya dia jadi ngerasa bahwa seolah-olah dunia adalah miliknya sendiri, semua-semuanya harus dia yang atur, dia yang urus, dan harus untuk dirinya sendiri aja. Orang lain jadi nggak boleh ikut campur.
Nah, yang model kayak begini juga kita mesti hati-hati. Remember!!! There’s so many people around us. Kita nggak bisa menutup mata kalo orang-orang di sekeliling kita juga membutuhkan kita. Kita nggak bisa jadi orang yang egois. Gimanapun juga Allah udah nyiptain kita unuk hidup bersama-sama dengan makhluk lainnya di bumi, supaya kita bisa saling menolong (lihat Galatia 6:2).
3.                          Terlalu mandiri, jadi orang yang tertutup. Kecenderungannya kalo udah ngerasa nggak butuh orang lain, terus jadi orang yang egois, akhirnya jadi orang yang introvert alias tertutup. Nganggep orang lain cuma bikin ribet aja, akhirnya jadi nggak mau gaul. Kalau sudah nggak mau gaul, nggak ada juga orang yang mau perduli sama kita.. Kita memang bisa aja ngikutin perkembangan jaman lewat media massa, tapi kita nggak bisa ngerasain apalagi ngalamin sendiri proses-proses perkembangan zaman itu, cuma gara-gara kita nggak mau gaul. Bayangin aja, jadi mandiri trus jadi introvert, kalo misalnya aja kita sakit, sendirian en gak bisa ngapa-ngapain, siapa yang bakalan nolong? Nggak ada khan karena nggak ada seorang pun yang tahu? Akhirnya kita jadi susah sendiri.
So, mandiri nggak berarti kita jadi tertutup. Kita tetap butuh bergaul, berinteraksi dengan orang lain, tetep butuh bantuan dari orang lain. If there’s something happen to us, akan selalu ada orang-orang yang siap menolong kita, dan itu bisa kita dapat kalau kita mau gaul, terbuka, en nggak menutup diri buat orang lain.q (ika)         (telah diterbitkan di Majalah KASUT GKI Pondok Indah Jakarta, Edisi Juni 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar