Senin, 31 Mei 2004

REJOZ ‘THE GROOVE’ : MENGANDALKAN DOA DAN CLUE DARI TUHAN








Postur tubuh yang gedhe en tampang kayak gangster-nya Amrik, sepintas memang bikin keder. Tapi siapa sangka, dibalik wajah yang kelihatan sangar itu, tersimpan hati yang lembut yang pingin selalu memuji dan memuliakan Tuhan setiap waktu, dan... satu lagi... doski ternyata orangnya asyik en kocak banget. Dialah Reza Jozef Patty yang lebih akrab disapa Rejoz. Salah satu personel kelompok musik The Groove yang hobby menggambar ini, ternyata juga termasuk dalam jajaran maestronya perkusi di tanah air.

Nggak pernah kursus perkusi
Dari dulu tuh sebenarnya aku lebih senang nyanyi. Makanya, waktu SMA aku ikutan vocal group. Di The Groove, aku juga nggak cuman main perkusi aja, tapi nyanyi juga lho. Kebetulan pas di SMA juga, aku ikutan eskul marching band.  Aku juga sempat gabung di marching band  BPI  Bandung sejak tahun 1991–1994. Nah... pas di marching band itulah aku ngelihat ada sebuah alat yang dinamakan perkusi. Sejak itulah aku tertarik sama alat yang namanya perkusi. Padahal sebelumnya aku pernah kursus piano, dan yah... lumayan bisa lah kalo main piano.
Sejak tertarik sama perkusi, aku kemudian belajar otodidak soal perkusi. Nggak pernah kursus secara khusus. Aku lebih banyak cari sendiri, terus ketemu sama senior-senior dan banyak nanya sama mereka. Aku pinginnya sih bisa sekolah formal untuk mendalami perkusi. Pingin banget. Cuma waktunya belum ada. Terus di Indonesia sendiri juga belum ada sekolah formalnya untuk perkusi. Kalau mau bagus, biasanya gurunya harus privat, dan itu waktunya nggak menentu. Jadi, masih harus disiapin khusus lah kalau mau sekolah formalnya perkusi. Cita-citaku sih pinginnya ngajar perkusi untuk anak kecil. Bikin sekolah perkusi, tapi khusus untuk anak-anak kecil, yah kira-kira umur sepuluh tahun ke bawah gitu, aduh... seneng banget... pingin banget...

Memuliakan Tuhan lewat musik
Sebelum aku gabung dengan The Groove,  aku sempat gabung di beberapa grup musik seperti Yellow Badge, Roomotion, V.O.A, Fortissimo, dan Odyssey. Sejak aku bisa memainkan alat musik, aku selalu punya visi untuk melayani Tuhan di setiap kesempatan bermain musik. Aku sadar, semua kemampuanku ini datangnya dari Dia, makanya musti balik ke Dia lagi.
That’s why, di sela-sela kesibukanku bareng The Groove yang lagi nyiapin album ke empat, aku masih aktif pelayanan, gabung bareng Glorify The Lord Ensemble. Sekarang ini aku lagi nyiapin album rohani bareng Glorify The Lord Ensemble. Terus, aku juga lagi nyiapin album bareng keluarga Saba (Kuartet Martin, Carlo, Denny, dan Ivan Saba). Pokoknya sekarang ini aku lagi fokusin diri di musik, dan aku pingin terus bisa memuliakan Tuhan lewat musik seumur hidupku.

Bapa yang menggantikan
         Aku lahir di Bandung, 14 Oktober 1975, anak kedua dari tiga bersaudara pasangan E. J Patty dan Sulianti Kemalasuri Patty. Kalo nggak salah pas aku umur 23 tahun, aku masih kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITENAS Bandung, aku kehilangan papa yang sangat kucintai. Begitu papa meninggal dunia, otomatis aku ngerasa kehilangan banget. Tapi di saat itulah aku bisa ngerasain kalau  Tuhan itu baik banget. Itu pengalamanku yang paling luar biasa bersama Dia. Aku tahu kalau aku punya Bapa yang so amazing. Dia menggantikan kekosongan yang aku rasa karena kehilangan papa. Dia selalu jadi kepala rumah tanggaku di rumah.
          Tahu nggak kejutan terbesar yang aku dapat dari Tuhan, sebagai penghiburan dari-Nya  setelah kepergian papa? Dia kasih aku kado album barengan The Groove, setahun berikutnya setelah papa meninggal. Buat aku pribadi, sebenarnya sayang banget papa nggak sempat ngelihat semua yang aku raih ini, tapi aku yakin... papa pasti tahu.

Jomblo? Asyik aja tuh...
Pengalaman aku sendiri waktu ngejomblo sih aku anggap seneng-seneng aja. Kalau jomblo justru kan tidak ada ikatan, have fun aja lah. Artinya ya tetap have fun yang terarah ya. Maksudnya ya bukan terus jadi cari banyak cewek, ya nggak... bukan begitu.  Artinya ya dinikmati lah masa jomblo itu. Kadang-kadang justru ada orang yang sudah punya pasangan, malah kepingin ngejomblo. Banyak juga yang suka kayak gitu lah.
Kalo anak-anak muda cari pasangan sembarangan, aku jelas nggak setuju. Ya itu lah, pacaran kan sebenarnya tempat saling mengenal satu sama lain yang memang harus dijalanin. Kalaupun memang lama pun ataupun sebentar, tergantung proses itu bisa dilaluinnya gimana.  Kadang  kan ada yang ngelaluinnya lama, baru bisa marriage. Artinya, kalau buat aku sih segala sesuatunya pastikan kita berdoa dulu, untuk apapun juga termasuk soal pasangan hidup. Aku yakin, pasti Roh Kudus akan nunjukin yang terbaik untuk kita. Pokoknya, Tuhan pasti akan kasih clue deh... Sekarang, tinggal kita sendiri gimana? Mau ikut jalannya Tuhan, atau mau sesuka hati kita? Itu tergantung dari diri kita sendiri.(ika)


(Telah dimuat di majalah Rajawali)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar