Kamis, 12 September 2002

KOK BEGINI?









Bacaan : II Tesalonika 3:1-15
“… jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia maka..”
(II Tesalonika 3:10)


“Von, jangan lupa belajar. Besok khan ulangan umum. Nanti nggak naik lho…” tegur mamanya, melihat Vonny yang masih asyik main play station. Tapi rupanya Vonny mengabaikan pesan mamanya. Ia terus aja berkutat dengan play station-nya sampai pagi. Waktu pembagian rapor kenaikan kelas, Vonny ternyata enggak naik kelas. Vonny pun protes pada ibunya, “Kok gini sih, Ma? Padahal Vonny khan rajin masuk dan nggak pernah bolos dan juga rajin berdoa.” Mamanya hanya menjawab, “Iya memang Vonny selalu masuk sekolah dan rajin berdoa, tetapi Vonny malas belajar dan tidak pernah mengerjakan PR.”
Sobat muda, nggak jarang kita bersikap kayak si Vonny ini. Maunya naik kelas, maunya dapet ranking di kelas, maunya jadi yang terbaik, maunya dapet yang terbaik, tapi nyatanya kita males berusaha. Kita rajin berdoa tapi nggak mau berusaha, sama juga bohong. Akhirnya ketika kita mendapat hasil yang nggak memuaskan, kita jadi bingung, kesel, kecewa, semuanya campur aduk. Lalu kita protes ke Tuhan, “Tuhan, aku khan udah berdoa minta dikasih nilai bagus, kenapa sekarang nilaiku jelek?” Ya jelas aja Tuhan cuma senyum-senyum dengerinm protes kita. 
Yang Dia inginkan kita nggak cuman berdoa mengandalkan Tuhan aja, tetapi Ia mau supaya kita juga berusaha keras semaksimal mungkin, baru Ia akan memberikan hasil yang memuaskan bagi kita. Kalau kita nggak pernah mau berusaha dan tetap jadi pemalas, bagaimana mungkin kita akan mendapat hasil yang terbaik? Nggak mungkin khan kita seenaknya saja nyuruh-nyuruh Tuhan supaya Ia mau mengabulkan keinginan dan doa kita, sementara kita sendiri duduk-duduk santai? So, jangan pernah nyesel dan protes kalo akhirnya Tuhan nggak ngabulin doa kita, gara-gara kita sendiri nggak mau berusaha. 
Hari ini kalo ada diantara kawan muda yang udah mulai bersikap kayak Vonny, cepat-cepat bertobat dan minta ampun pada Yesus. Ingat, Bapa kita di sorga bukanlah robot yang bisa disuruh-suruh semau kita. Tetapi jika kita mau tunduk, setia dan taat kepada-Nya, maka Ia pun akan mengabulkan segala doa kita.(esi)


(Telah dimuat di Renungan Harian Rajawali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar