Jumat, 31 Desember 2004

SEKOLAH BARU, SIAPA TAKUT?

Wuah… tahun ajaran baru, baju baru, sepatu baru, tas baru, sekolah baru, en… teman baru. But… gimana ya suasana sekolah baru kita nanti? Menakutkan, biasa-biasa saja, fun, or… apa ya? Guys, sometimes hari pertama masuk sekolah memang bikin deg-degan. Kadang kita suka takut ngadepin dunia baru yang bakal kita masukin. Gimana ya kalau teman-temannya rese, nggak asyik, en nyebelin? Gimana ya kalau suasana sekolahnya nggak enak? Gimana ya kalau guru-gurunya galak-galak semua? Pokoknya sejuta keraguan kerap kali muncul di benak kita. So, gimana dong ngadepin lingkungan baru yang bakal kita masuki?

Be Your Self

Menjadi diri sendiri. That’s the most important things yang musti dilakuin. Kadang-kadang ketika kita suka nggak pede en gampang terpengaruh, ketika masuk lingkungan baru dan melihat teman-teman kita yang heboh banget, dandan habis, and selalu jadi pusat perhatian. Nggak jarang kita terus kepingin kayak mereka, mengubah diri kita supaya menjadi seperti mereka, dan diterima dalam lingkungan mereka. Padahal apa yang kita lakuin itu nggak sesuai sama kepribadian kita, en belum tentu apa yang mereka lakuin itu benar. But, kita tetap saja memaksa diri menjadi seperti mereka, agar bisa diterima.
Masuk lingkungan baru nggak musti kita be like them supaya bisa diterima. Kalau kita berusaha keras jadi seperti mereka, salah-salah kita bisa terjerumus ke hal-hal yang nggak benar.­­ Remember apa yang dibilang Om Paulus di Roma 12:2, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” It’s better for us untuk tetap menjadi diri sendiri. Toh orang akan lebih menyukai jika kita menjadi diri sendiri, ketimbang berusaha keras untuk jadi orang lain, just because supaya kita bisa di terima dalam lingkungan mereka.  

Pede Aja Lagi…                                                      
Sometimes yang bikin kita takut pas masuk di lingkungan baru, gara-gara kita nggak pede. Guys, sebenarnya nggak ada yang musti ditakutin. Maybe kita jadi nggak pede karena ngelihat lingkungan baru yang kayaknya wah banget buat kita. But remember, kalau kita yakin dengan kemampuan diri kita sendiri, menjadi diri sendiri, otomatis rasa pede itu akan muncul dengan sendirinya.
Masih ingat kan, Mas Timotius juga pernah ngalamin hal yang sama ketika ia diutus untuk menggembalakan jemaat di  Efesus. Awalnya dia juga nggak pede karena ngerasa masih muda banget. Tapi kemudian Om Paulus terus ngingetin dia. Let’s see nasehat Om Paulus, “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4:12).
Well, actually nggak ada lagi yang perlu dikuatirin lagi untuk ngadepin first day di sekolah baru kita. Sepanjang kita  jadi diri sendiri en tetap pede, everything will be alright. Kalau masih ngerasa takut, just pray to Jesus. Seperti yang dibilang 1 Petrus 5:7, “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” So, nggak usah kuatir lagi yah… We have Jesus yang always kasih kekuatan buat kita semua. OK?q(gs)

(Telah dimuat di Majalah Rajawali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar