Selasa, 30 Juli 2002

IDOLAKU SAYANG


Bacaan : Yohanes 13:1-17
“sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.”
(Yohanes 13:15)


Gara-gara serial Meteor Garden yang ngetop abis, banyak cowok-cowok yang mengikuti dandanan rambut nanas-nya Dao Ming Shi si tokoh utamanya. Demikian juga cewek-ceweknya yang banyak ngejiplak abis gaya-gaya si San Chai. Sampai-sampai di sebuah sekolah di negeri Tirai Bambu, guru-gurunya sempat memberi hadiah foto plus tanda tangan kelompok F4, bagi murid-muridnya yang bisa mendapatkan juara satu. Belakangan Si guru pun jadi bingung dan kerepotan sendiri, gara-gara muridnya semua nilainya sama bagusnya dan semuanya layak jadi juara satu.
Memiliki idola memang tidak ada salahnya. Tetapi sebagai anak Tuhan, kita harus pintar-pintar memilih sosok yang bisa kita jadikan idola. Kalo orang yang kita idolakan memiliki pola hidup dan perilaku yang seturut dengan Firman Allah, nggak ada salahnya buat kita untuk mengikuti jejaknya. Namun kalo ternyata sosok yang kita jadiin idola ternyata tingkah lakunya nggak sesuai dengan Firman Tuhan, mesti hati-hati nih…jangan sampai kita kejebak dan akhirnya ngikutin kehidupan sang idola yang ternyata nggak sesuai dan nggak seturut dengan Firman Tuhan. Akibatnya, kita jadi jatuh juga ke dalam dosa. Contohnya saja, kalo kita ngak jeli sama si tokoh Dao Ming Shi ini, bisa-bisa kita jadi meniru tingkahnya yang suka main pukul orang seenaknya saja, apalagi kalau orang itu nggak disukai.
Sobat muda, hari ini mari kita belajar untuk mulai berhati-hati dan bersikap lebih jeli terhadap tokoh-tokoh yang kita idolakan, supaya kita nggak kejebak dengan tipuan Mang Iib, yang memasang jeratnya lewat tokoh-tokoh idola kita. Jangan sampai kita mengikuti polah dan tingkah sang idola kita yang ternyata malah bikin kita jatuh ke dalam dosa. Lagi pula, bukankah sebenarnya kita sudah punya satu tokoh idola yang nggak bakalan basi alias ketinggalan jaman, yang selalu diidolain oleh semua orang dari sejak jaman dahulu kala hingga saat ini, bahkan sampai di masa yang akan datang akan terus jadi idola setiap orang. Dialah Yesus, pribadi yang patut diidolakan dan harus kita teladani sikap hidupnya. So, kenapa mesti pilih-pilih yang lain? Kalo udah ada Yesus, nggak perlu lagi deh yang lainnya. OK!(esi)

(Telah dimuat di Renungan Harian Rajawali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar