Selasa, 30 Juli 2002

SERUPA GAMBAR ALLAH

Bacaan : Kejadian 1:26-27
“Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,…”
(Kejadian 1:26)

Setengah mati Toby berusaha  ngerubah abis penampilannya supaya mirip si Dao Ming She, tokoh utama serial Meteor Garden yang ngetop abis di TV. Saking kepengennya mirip si A She, dia rela mempermak abis potongan rambutnya jadi kayak rambut nanas, begitu juga dengan model baju dan sepatu yang dikenakannya. Belakangan Toby yang emang keluarganya cukup berada ini, merengek-rengek pada mamanya, minta wajahnya dioperasi plastik supaya mirip si Dao Ming Shi…..Wah…...
Sejak awal mula manusia dijadikan oleh Allah, Ia sudah menset sedemikian rupa, supaya manusia diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Allah (Kejadian 1:26). Karena manusia adalah ciptaan-Nya yang paling sempurna dan yang paling dikasihi-Nya, maka Allah berusaha agar manusia dibentuk dan diciptakan semirip mungkin dengan diri-Nya. Tapi, yang jadi masalah ternyata si manusia ini seringkali nggak mau tahu alias nggak pernah puas dengan kondisi fisik yang dimilikinya. Banyak manusia, termasuk kita-kita juga, yang nggak nyadarin kalo Allah nyiptain kita sebagai satu sosok yang unik yang nggak bakal bisa ditiru ama siapapun juga. Kayak si Toby juga. Akibatnya, karena nggak pernah puas, nggak pe de ama diri sendiri, en selalu kepengen kayak orang lain. Kita jadi selalu berusaha meniru penampilan orang lain, berubah supaya menjadi orang lain, dan akhirnya kita nggak menjadi diri kita sendiri.
Sobat muda, kalo Tuhan udah menciptakan kita sedemikian rupa dengan segala keunikan kita, mestinya kita mengucap syukur. Suatu hal yang luar biasa lho karena kita ini diciptakan sesuai dengan gambar Allah. Nggak usah pake acara ngerubah diri & penampilan kita, apalagi pake operasi plastik segala, Allah sudah nyiptain kita yang mirip dengan Dia. Nggak usah lah kita ngerasa nggak pe de, apalagi ampe ngerubah diri dan berusaha menjadi orang lain. Belajarlah untuk menjadi diri sendiri, bersyukur dan berbangga untuk keadaan diri yang kita miliki, karena Allah lebih senang kalau kita menjadi diri sendiri. Lagi pula, seseorang akan lebih dihargai, apabila ia tampil apa adanya sebagai dirinya sendiri, daripada tampil  sebagai duplikator alias menjadi orang lain. Bukankah hidup akan lebih nyaman dan menyenangkan dengan muncul sebagai diri sendiri, ketimbang muncul sebagai orang lain dan hidup dibawah bayang-bayang orang yang kita jiplak? So…Be Your Self  !(esi)

(Telah dimuat di Renungan Harian Rajawali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar