Minggu, 30 Juni 2002

INI KUNCINYA!

Bacaan : I Timotius 4:1-16
“…Jadilah teladan…dalam kesucianmu.”
(I Timotius 4:12)


Berbagai macam kenikmatan dunia yang makin hari makin banyak ditawarkan oleh dunia ini, kadang-kadang membuat kita terlena dan nggak jarang kita justru terseret oleh arus dunia. Modernitas, kebebasan hidup, ketidakpuasan  manusia, dan banyak hal yang pada akhirnya kemudian memunculkan apa yang disebut free sex, penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan sebagainya. Semuanya itu banyak kita jumpai dan kita hadapi dalam kehidupan kita sebagai anak-anak muda. Namun hari ini Allah ingin kita belajar dari Bang Timotius, anak muda yang senantiasa menjaga hidupnya supaya seturut dengan FirTu, meski ia hidup dikelilingi tawaran dunia yang bisa saja setiap saat membuat ia jatuh ke dalam dosa.
Om Paulus, rasulnya Tuhan Yesus disini nggak cuman nasehatin Bang Timotius aja, tetapi juga nasehatin kita semua supaya kita tetap berjaga-jaga dan menjaga agar hidup kita tetap kudus, supaya kita nggak terseret arus dunia yang menyesatkan dan menjadi teladan buat orang-orang disekeliling kita. Nah, sekarang gimana dong caranya supaya kita tetep bisa menjaga kekudusan hidup kita? Om Paulus bilang, kita harus tetap bertekun dalam membaca Kitab-Kitab Suci (I Timotius 4:13). Kalau kita senantiasa rajin bersekutu dengan Allah, baik itu secara pribadi lewat saat teduh, maupun bersekutu bersama-sama dengan saudara-saudara seiman kita, Dia pasti memberi kekuatan buat kita supaya bisa ngatasin segala godaan yang sering nyamperin hidup kita.
Seperti kesaksian Leony Vitria Hartanti, mantan personel Trio Kwek-Kwek. Ia menyadari sekali kalau dunia artis yang begitu glamour sering membuat dirinya tergoda. Tetapi Leony bersyukur sekali karena sejak kecil orangtuanya selalu menanamkan supaya ia nggak pernah absen berdoa ‘en baca Firtu. Itu sebabnya, setiap kali Leony melakukan segala sesuatu, ia nggak pernah lupa berdoa dan juga setiap hari berusaha untuk selalu melakukan saat teduh pribadi. Itulah kunci agar ia nggak terseret glamournya dunia hiburan. Nah, kalo si Leony aja yang artis supersibuk dan hidupnya banyak diwarnai macem-macem godaan aja masih selalu nyempetin diri untuk saat teduh, gimana dengan kita? Apakah kita juga ngelakuin hal yang sama, ditengah-tengah segala kesibukan dan aktivitas kita, untuk menangkal segala pengaruh dunia? So, jangan lupa untuk tetap bertekun di dalam Dia.(esi)

(Telah dimuat di Renungan Harian Rajawali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar